Minggu, 20 Agustus 2017 

Profil Kabupaten Donggala

Wilayah Donggala merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Sualwesi Tengah yang beribukota di Bonawa. Secara administratif, daerah ini trebagi menjadi 21 Kecamatan.

Daerah ini mempunyai potensi yang besar untuk dikembangkan antara lain disektor pertanian dengan komoditi yang dihasilkan berupa kakao, kelapa dalam, kopi robusta, cengkeh, lada, jambu mete, dan cengkeh. Untuk kegiatan pertanian didaerah ini, hasil pertanian yang utama berupa bahan tanaman pangan berupa padi, tanaman holtikultura, dan palawija.Tanamanan bahan pangan tentunya dengan padi sebagai primadona di samping jagung, kacang-kacangan dan umbi-umbian menjadi ujung tombak kegiatan ekonomi secara keseluruhan.

Dulu Donggala dikenal sebagai kota pelabuhan dan perdangangan, laulintas barang dan jasa hanya bisa berlangsung melalui pelabuhan Donggala di kecamatan Banawa, dari waktu ke waktu kegiatan ekonomi terutama perdagangan dan pemerintahan kenyataannya lebih tersedot di Kota Palu, bekas ibukota kabupaten yang kini masih berstatus ibu kota Provinsi, walaupun masih berfungsi pelabuhan barang, Pelabuhan Donggala kalah ramai dibanding Pelabuhan Pantolan di Palu. Di sektor pertambangan Kabupaten Donggala ini mempunyai potensi bahan tambang berupa emas, sirtu, kerikil alam, batu pecah, pasir alam, batu pondasi, dengan sirtu sendiri boleh dibilang terdapat hampir disemua kecamatan terutama di wilayah Pantai Barat.

Kabupaten Donggala dipimpin oleh Bupati Drs. H. Habir Ponulele, M.M.; Ketua DPRD Kabupaten Drs. Ridwan Yalidjana, MA, serta Setda Kabupaten Kasmuddin.