Rabu, 18 Juli 2018 

Sosialisasi Grand Design e-Audit Menuju BPK Sinergi

01/04/2011 – 10:51

sosialisasi-e-audit11

Palu – Hukum Humas

Bertempat di Aula Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah pada hari Rabu, (30/3), Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah melaksanakan Sosialisasi Grand Design E-Audit Menuju BPK Sinergi yang dibuka oleh Kepala Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Dadang Gunawan. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Palu, para kepala DPPKAD kota dan kabupaten, Kepala Dinas Perhubungan Kota Palu, dan kepala inspektorat kota dan kabupaten beserta staf yang bertanggung jawab di bagian keuangan, dan hukum serta pejabat stuktural di lingkungan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

Bertindak sebagai narasumber dalam sosialisasi tersebut yaitu Staf Biro Teknologi Informasi BPK yang sekaligus sebagai anggota tim pengembang e-Audit, Farid Bintoro Aji.

Pada kesempatan tersebut Farid menjelaskan bahwa e-Audit merupakan suatu metode pemeriksaan yang memanfaatkan sinergi antara sistem informasi internal BPK RI (e-BPK) dengan sistem informasi internal milik entitas pemeriksaan (e-Auditee) dimana sinergi ini membentuk sebuah komunikasi data secara online antara e-BPK dengan e-Auditee yang secara sistematis membentuk pusat data pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara di BPK.

Farid menambahkan, agar program e-Audit dapat berjalan sesuai rencana, BPK telah menyusun roadmap mulai tahap penerbitan MoU yang disertai penyusunan Juknis dan penetapan grand design e-Audit serta peningkatan keamanan komunikasi data pada tahun 2010 sampai dengan optimalisasi infrastruktur e-Audit tahun 2014. Pada implementasi tahun 2011, e-Audit antara lain difokuskan pada sosialisasi penerapan e-Audit, pengembangan infrastruktur e-Audit Tahap I, pemeriksaan TI BPK oleh pihak independen, dan penguatan software pendukung pelaksanaan e-Audit.

Acara dilanjutkan dengan tanya jawab peserta sosialisasi yang dipandu oleh Kepala Sub Bagian Hukum dan Humas Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah, Agustinus Triyonojati. Pada kesempatan tersebut, peserta banyak menanyakan perihal keamanan dan kerahasiaan data entitas, data apa saja yang akan di-upload, dan terkait infrastruktur penunjang e-Audit. (***)

sosialisasi-e-audit21sosialisasi-e-audit3