Rabu, 19 Desember 2018 

Setia Pada Pancasila Demi Keutuhan NKRI

01/10/2009 – 13:24

Palu – Hukum Humas

dsc_0742-kecil1Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober, Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI menyelenggarakan upacara bendera di halaman Kantor Perwakilan, pada Kamis (1/10) dan diikuti oleh pejabat struktural dan pegawai di lingkungan Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah BPK RI. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Kepala Sekretariat Perwakilan, Ruslan, S. E., M. M dengan Komandan Upacara Kepala Seksi Sulteng IA, Muh. Abidin, S. E., Ak.

Upacara dimulai dengan mengheningkan cipta ditujukan bagi arwah para pejuang dan pahlawan revolusi yang gugur dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia saat terjadinya pemberontakan G.30S/PKI.

Pada upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2009 ini juga dibacakan ikrar pembulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam ikrar tersebut disebutkan bahwa sejak proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam maupun luar negeri terhadap NKRI. Rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai Ideologi Negara. Akan tetapi dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur Ideologi Pancasila, bangsa Indonesia dapat memperkokoh tegaknya NKRI. (rsk)